Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Akmal Rijal STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5322

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas V SD dan untuk mengetahui kualitas komik ditinjau dari validitas dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas komik yang dikembangkan antara lain lembar validasi dan angket kepraktisan. Produk dari penelitian ini berupa komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi pecahan di kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas komik dilihat dari aspek validitas termasuk dalam kategori valid dengan skor yang diperoleh dari ahli bahasa 28, ahli media 45 dan ahli materi 43; dan (2) Kualitas komik dilihat dari aspek praktis dikategorikan sangat praktis dengan skor keseluruhan yang diperoleh adalah 86 dan persentasenya 95%. 

Kata Kunci: Pengembangan, Komik, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar

 

Abstract. This study aims to develop comics as a medium for learning mathematics for fifth grade elementary school students and to determine the quality of comics in terms of validity and practicality. This research is a development research that refers to the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used to measure the quality of the developed comics include validation sheets and practicality questionnaires. The product of this research is comics as a medium for learning mathematics on fractions in fifth grade elementary school. The results showed that: (1) The quality of comics viewed from the aspect of validity was included in the valid category with scores obtained from linguists 28, media experts 45 and material experts 43; and (2) the quality of comics viewed from the practical aspect is categorized as very practical with the overall score obtained is 86 and the percentage is 95%.

Keywords: Development, Comics, Learning Media, Elementary School

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Gragindo Persada.

Dadan Nugraha, Dian Indihadi, R. S. (2019). Pengembangan Area Isi Pembelajaran Menulis Narasi Teks Fiksi Melalui Teknik “Brainstorming” di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 134–141. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34664

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Dharma, I. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 56–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.g10401

Dwi Arini, F., Choiri, A., & Sunardi, S. (2016). The Use Of Comic As A Learning Aid To Improve Learning Interest Of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research, 94(2), 114–117. https://doi.org/dx.doi.org/10.46827/ejse.v0i0.415

Febriani, M. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Dongeng yang Bermuatan Cill Bagi Peserta Didik SD Kelas III. Jurnal Seloka, 4(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/seloka.v4i1.6855

Febrianto, A., Kamid, & Rohati. (2015). Desain Media Komik Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Edumatica, 5(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i02.2924

Fitriani, H. (2012). Pengembangan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Menggunakan Animasi komik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Kusuma Bangsa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya, 8(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1865.33-43

Gumelar, M. . (2011). Comic Making. PT. Indeks.

Haryanto, J. (2014). Kearifan Lokal Pendukung Kerukunan Beragama pada Komunitas Tengger Malang Jatim. Jurnal Analisa, 21(2), 201–213. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/analisa.v21i02.15

Heru Dwi Waluyanto. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.7.1.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di SD. Remaja Rosdakarya.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1). http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1822/pembelajaran-akuntansi-keuangan--melalui-media-komik-untuk-meningkatkan-prestasi-mahasiswa.html

Munandar, A., Mulyadiprana, A., & Apriliya, S. (2018). Penggunaan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Mendong Tasikmalaya di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 152–162. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7325

N.L.M.T. Pratiwi. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginseri Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 185–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984

Pardimin, & Widodo, S. A. (2017). Development Comic Based Problem Solving in Geometry. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 233–241.

Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Jurnal of Education and Research, 2(11), 535–544.

Riska Dwi Novianti & M Syaichudin. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 79–90. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/137/126

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development of Media-Based Learning Animation for Mathematics Courses in Electrical Engineering, University Riau Kepulauan. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 3(10), 8332–8336. https://doi.org/10.17148/IJARCCE.2014.31056.

Santo Santoso, Seni Apriliya, E. K. (2017). Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bordir Tasikmalaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(5), 129–138. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7202

Subroto, E., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sumantri, M. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Universitas Terbuka.

Tegeh, D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Vivian Alfinia Witanta, Baiduri, & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–2. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Published

2021-07-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check