Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui iSpring Suite 10 di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5413Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui iSpring Suite 10. Subjek penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Wangunjaya, Bungbulang, Garut, yang berjumlah 20 siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui metode siklus pada model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & Mc. Taggart, sebanyak dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan media iSpring Suite 10 mengalami peningkatan dari 30% pada pra tindakan menjadi 100% pada siklus II, sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian, penggunaan media iSpring Suite 10 dalam mata pelajaran IPS mampu membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya.
Kata kunci: Hasil Belajar, iSpring Suite 10
Abstract. This study aims to determine the improvement of social studies learning outcomes through iSpring Suite 10. The subjects of this study were all 5th grade students at SDN 2 Wangunjaya, Bungbulang, Garut, totaling 20 students. Data collected through test sheets and documentation. This research was conducted through the cyclical method of the Kemmis & Mc Classroom Action Research (CAR) model. Taggart, there are two cycles, namely cycle I and cycle II. The results showed that student learning outcomes in social studies subjects through the use of iSpring Suite 10 media increased from 30% in the pre-action to 100% in the second cycle, thus achieving the expected success criteria. The use of iSpring Suite 10 media in social studies subjects can help students become more active in the learning process, so as to improve their learning outcomes.
Keywords: learning outcomes, iSpring Suite 10
References
Bauman. (2016). Explanation about iSpring. Https://Www.Ispringsolutions.Com.
Djamarah, Bahri, S., Zain, & Aswan. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Febrianti, F. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Journal Civics & Social Studies, 3(2), 42–52.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Mendiknas. (2006). Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Mendiknas.
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.
Santi, A. U. P., & Amalina, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Permainan Let’s Play. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10.
Sastrakusumah. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi I-Spring Presenter terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 462–485.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Rajawali Pers.
Surya, M. (2015). Psikologi Guru (Konsep dan Aplikasi). CV Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.