Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak
DOI:
https://doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8623Abstract
Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasisi teknologi untuk meningkatkan kemampuan anak di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dirancang untuk mengetahui atau menggambarkan realitas peristiwa yang diteliti, untuk memudahkan penggalian informasi yang objektif. Hasil analisis data nilai validitas lingkungan belajar dua validator yaitu 5.20 yang masuk dalam kategori valid. Berdasarkan nilai total kualifikasi, lingkungan belajar berbasis PowerPoint cocok untuk digunakan pada subjek penelitian. Nilai valid dihasilkan dari ketercapaian indikator penilaian, kesesuaian penyajian materi pembelajaran dengan indikator pencapaian kualifikasi, dukungan media penyampaian konsep, kesesuaian materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, ketepatan. dari materi pembelajaran. uraian mata pelajaran, urutan penyampaian mata pelajaran, kesesuaian gambar dan animasi untuk menggambarkan mata pelajaran, kesesuaian soal-soal praktik dengan tujuan pembelajaran, dan kejelasan uraian mata pelajaran. Adapun keferaktisan media tersebut dalam pembelajaran sangat praktis digunakan adapun respon guru menunjukkan nilai rata-rata respon di angka 5,67 dengan presentase 98,59 % dengan kategori sangat kuat, hasil respon peserta didik 5.57 dengan presentase 96.48 % dengan kategori sangat kuat.
Kata Kunci:
Pengembangan
Media pembelajaran
Teknologi
References
Arief Sadiman. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam rangka mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta.
Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Penelitian. Yogyakarta. Jurusan PTBB FT Universitas Negeri Yogyakarta.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Development and Reseacrh) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.
Hujair. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Lexy j. Moleong. (2005). Meodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 28 & 40.
Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8 (2).
Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8 (2).
Ngafifi, Muhammad, dan Astuti I Siti. 2014. “Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media untuk Meningkatkan Akivitas, Sikap, Dan Hasil Belajar IPS”. Jurnal Harmoni Sosial 1 (1) 68-69.
Nurdyansyah, Rais & Aini. (2017). The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School. 1 (1). 37-46. Paseleng, Mila C., & Rizki Arfiyani. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar". Scholaria. 5(2).
Salmiah, Fatah & Purnamawati. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Dalam MeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPenerapanKonsepMutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 2 (1), 51-56.
Sanacore, J. (2008). Turning Reluctant Learners into Inspired Learners. Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, (Online). 82 (1). (https://eric.ed.gov/?id=EJ811947, Diakses 15 Januari2018).
Saputra, H. Gunawan. (2018). Zinnurrain, “Pengaruh Penggunaan medida MS Powerpoint berbasis game terhadap hasil belajar siswa,”. Teknol. Pendidik 3.1. 99-117.
Sasahan, E. Y., Oktova R. &Oktavia O., (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya.Prosiding SNFA.E ISSN 2548- 8325/P-ISSN (2548-8317).
Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Wibowo & Wardani. (2018). Pengembangan Media Interaktif Kekerangka Manusia Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Kelas 5 SD. Pigur: Jurnal Pendidikan Guru. 1. (2).
Wijayanto P. A., Utaya S. &Astina I, K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Methode Assisted by Ispring Suite.International Journal of Social Sciences and Management, (Online). 4 (4)
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24– 32.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.