Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas 4 SDN Kedokan Agung II

Authors

  • Sugiro Sugiro STKIP NU Indramayu, Indonesia
  • Dinda Lutfiana Rozak STKIP NU Indramayu, Indonesia
  • Dyah Ayoe Pratiwi STKIP NU Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8748

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menerapkan metode role playing pada pelajaran IPA kelas 4 SDN Kedokan Agung II Kecamatan Kedokanbunder. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan soal. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas, persentase hasil observasi guru siklus I yaitu 76,09%, dan siklus II 93,48%. Hasil observasi siswa siklus I yaitu 54,17%, dan siklus II 81,54%. Hasil belajar siklus I dengan ketuntasan 42,86%, siklus II 82,14%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA.

Kata Kunci:

Hasil Belajar,

Metode Role Playing,

Ilmu Pengetahuan Alam

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. Diakses https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86. Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper doi:10.17509/jpm.v4i1.14958

Aminah Ekawati, (2014). Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 9, No. 2, 1-10, Versi elektronik diakses dari http://ejurnal.stkipbjm.ac.id/.Pada tanggal 18 November 2016.

Aqib, Z. & M. Chotibuddin. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitiam Tindakan Kelas (PTK). Sleman: Deepublish (CV Budi Utama).

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman, (2013). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta. Faizal, D. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang, Jatim: Madani.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84. Diakses https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517

Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara Vol. 1 No. 4.

Faturohman. (2015). Model-model pembelajaran inovatif Alternatif Desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar. Russ Media.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63-74. Diakses dari https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Hartanto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Batam, 5(April), 12–19. Retrieved from https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.234

Huda, Khoirul. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing. Jawa Tenggah Didaktikum: Jurnal PTK.

Iskandar, R. & Reza Rachmadtullah (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol. 1 No. 2. Diakses dari https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.102

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik. Dikutip dari http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/1469/1/Abdul%20Kadir_Pembelajaran%20Tematik.pdf

Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2). DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2238 diakses dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2238

Listyawati, Ni Nym, M. S. D. N. S. (2013, July 3). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD. Retrieved from http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.779

Lubis, M. A. (2019). Pembelajaran tematik di SD/MI: Pengembangan kurikulum 2013. Diakses dari https://osf.io/preprints/inarxiv/2eudz/

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15 (3), 329-344.

Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Pendidikan Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Mustadi, A. dkk. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar-Ed 1, Cet1.- Yogyakarta: UNY Press.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A.,& Sudin, A. (2016).Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611-620.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Diakses dari https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan%20bacaan.pdf

Pratama, R., & Fatahillah, A. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, 4(2), 27-30.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Riry Mardiyan, (2012). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pakar Pendidikan. Vol. 10 No. 2 Juli 2012.

Sadiyah, H. (2018). Bermain peran (role playing) dalam pembelajaran maharah al-kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1-29. Vol. 3 No. 2 (2018): Juli - Desember. Diakses http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3495

Sari, F. F. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62-76. Diakses melalui https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/1603 Doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p62-76

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Silalahi, D. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 004 Teratak Buluh. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). Vol. 3 No. 4 Juli 2019. Diakses dari http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7227

Sudijono, A. (2012). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sukiman, Dr, M.Pd. (2012) Pengembangan Media Pembelajaran, PT. Pustaka Insan Madani, Yogyakarta.

Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary, 4(1).

Trianto, Desain Pengembangan Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RAdan Usia Kelas Awal SD/MI, Cet. II, (Jakarta: Kencana-Prenada Media Group, 2013), hlm. v.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.

Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan Permatasari, Anisa.2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar.JPSD Vol. 4 (1).1-14.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Published

2023-09-01

Issue

Section

Artikel

Citation Check