Menimbang Kompetensi Calon Guru Matematika dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4806Abstract
Abstrak. Covid-19 mengubah proses pembelajaran di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mulai bulan Maret 2020, banyak sekolah menyelenggarakan proses pembelajaran secara daring. Kegiatan ini membuat guru harus menyesuaikan diri dengan situasi yang tidak pernah terjadi ini. Kurikum bagi mahasiswa calon guru tidak pernah dirancang dengan kompetensi untuk pembelajaran daring. Pembelajaran daring menggunakan banyak media pembelajaran berbentuk video yang dibagikan langsung kepada siswa berbentuk file atau diupload ke youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi calon guru matematika dengan tingkat keberhasilan mereka dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kompetensi calon guru matematika dengan tingkat keberhasilan mereka dalam menyelenggarakan pembelajaran daring dengan taraf siginfikansi 5%. Tetapi jika plot data variabel bebas dan variabel terikat dicermati maka hubungan ini hanya dipengaruhi oleh beberapa mahasiswa saja. Artinya jika mahasiswa tersebut dikeluarkan dari data maka kesimpulan akan berkata sebaliknya. Sehingga penelitian lanjutan perlu diketahui untk mengetahui kejadian yang lebih cermat.
Kata Kunci: kurikulum, video, kompetensi, guru, daring.
References
Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238
Cahyono, D., Pratama, A., Arga, H., & Rani, D. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( WAN ) Kelas XI di SMK Negeri 1 Kempas. Journal of Informatics Education, 3(1), 52–61 https://doi.org/10.31331/joined.v3i1.1075.
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37-47. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781
Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221-236. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235
Kania, N. (2020). Aplikasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96-109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872
Mahadewi, N. K. N., Ardana, I. M., & Mertasari, N. M. S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221-236. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3606
Manik, E. (2020). Learning With Higher Order Thinking Skills for Basic Statistics Subject. 488(Aisteel), 224–230. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.048
Manik, E., & Panjaitan, S. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Visual Basic. JURNAL Suluh Pendidikan, 2(2), 77–89.
Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining google sketchup and ispring suite 8: A breakthrough to develop geometry learning media. Journal on Mathematics Education, 10(1), 103–115. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5380.103-116
Panjaitan, B., Saragih, E. I. L., & Tampubolon, E. H. M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kkni Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. In U. H. Nommensen (Ed.), Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (p. 58). LPPM Press.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). The Potential of Youtube As Educational Media for Young People (Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda). Edulib, 8(1), 81–98. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267
Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 290-304. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.495
Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236
Sujana. (1975). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Edueksos, 6(1), 81–100. DOI: 10.24235/edueksos.v6i1.1412
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989
Ummah, S. K., Inam, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating manipulatives: Improving students’ creativity through project-based learning. Journal on Mathematics Education, 10(1), 93–102. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.