Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5091Abstract
Abstrak. Bahan ajar yang interaktif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang memerlukan bahan ajar interaktif adalah bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis komputer pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan Development Research dengan dua tahapan, yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan angket kepraktisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP . Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis komputer pada materi bangun ruang sisi datar yang tergolong valid berdasarkan lembar validasi dan komentar ahli. Validator menyimpulkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan ini telah baik dari segi konten, desain, kualitas teknis dan menyatakan layak untuk diujicobakan. Sedangkan kepraktisan dari bahan ajar dinilai dari hasil angket respon siswa dan wawancara pada tahap one-to-one dan small group. Siswa menyatakan bahwa bahan ajar mudah digunakan,  membantu siswa menguasai materi bangun ruang sisi datar, dan tertarik untuk menggunakan bahan ajar berbasis komputer.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Penelitian Pengembangan, Bangun Ruang Sisi DatarReferences
Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Dordrecnt: Klower Academic Publisrs
Bernard, M., Sumarna, A., Rolina., & Akbar, P. (2019). Development of High School Student Work Sheets Using VBA for Microsoft Word Trigonometry Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1-9
Dewi, I. P., Sofya, R., & Sriwahyuni, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 pada Matakuliah Media Pembelajaran Ekonomi yang Menerapkan Metode Project Based Learning. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 72-79. https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.145
Fatchan, M. (2018). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6. SIGMA, 8(1), 43-51.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 18-30. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hidayatullah, A. M., Afgani, W. M., Nizar, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX SMP. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 103 - 113. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.767
Hikmah, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD. Saintifik, 3(1), 24-30. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.108
Hukom, F. F., Mataheru, W., & Laamena, C. M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Swishmax dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 1-6.
Ingarianti, T. M. (2017). Pengembagan Alat Ukur Komitmen Organisasi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 6(1), 80-91. https://doi.org/10.24036/rapun.v6i1.6652
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Nur, I. M. (2017). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79-89. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Nurman, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762
Prafikasari, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kelas VIII Semester II. Disertasi tidak dipublikasikan, Malang, University of Muhammadiyah Malang.
Priyatmoko, R. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Limas dan Prisma Tegak untuk Siswa MTS/SMP Kelas VIII. Disertasi tidak dipublikasikan, Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linier Berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674
Rismawati, Y., Nurlitasari, L., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Karakteristik Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Jpmi, 1(2), 99-105. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p99
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Raja Grafindo Persada
Sari, R. S. P., Fadila, A., & Fiteriani, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. Prosiding SEMIRATA 2018, 1(1), 89-97.
Sondek, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 207-220.
Syefrinando, B., Suraida, S., & Parman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 39-44. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1522
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.