Apakah Blended Learning dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK di Masa Pandemi Covid 19?
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6674Abstract
Abstrak. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK menggunakan pembelajaran blended learning. PTK dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah sebanyak 24 siswa kelas XI RPL 2 salah satu SMK Negeri di Kota Cirebon. Instrumen penelitian berupa angket motivasi sebanyak 25 item pernayataan yang memuat 6 indikator motivasi belajar siswa. Indikator keberhasilan pembelajaran blended learning adalah minimal 75% siswa telah mencapai kategori motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I, tidak ada siswa yang mencapai kategori motivasi belajar Sangat tinggi, 12,5% siswa mencapai kategori tinggi, 54.2% kategori sedang, 29.2% kategori rendah dan 4.2% kategori sangat rendah. Selanjutnya pencapaian motivasi belajar pada siklus II menunjukan bahwa terdapat 16.7% siswa memperoleh katogori motivasi belajar sangat tinggi, 70,8% kategori tinggi, 12.5% kategori sedang dan tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar matematika pada kategori rendah dan sangat rendah. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran blended learning dinilai berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada masa pandemi Covid 19.
Kata Kunci: Blended Learning, Covid 19, Motivasi Belajar Matematika, Siswa SMK.
References
Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993-2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703
Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuberâ€Skerritt, O. (2002). The Concept of Action Research. The Learning Organization, 9 (3), 125-131. http://dx.doi.org/10.1108/09696470210428840
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943-950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461
Chairhany, S. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Koperatif Teams-Games-Tournament (TGT) Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tembilahan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 310-316. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.119
Cheung, W. S., & Hew, K. F. (2011). Design and Evaluation of Two Blended Learning Approaches: Lessons Learned. Australasian Journal of Educational Technology, 27(8), 1-9. https://doi.org/10.14742/ajet.896
Desriva, N., Utari, M. D., & Al Padri, A. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19 di Kota Pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 3(1), 124-130.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa BIDIKMISI DI UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66-87. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254
Hijazi, D. A., & AlNatour, A. S. (2020). The Effect of Using Blended Learning Method on Students' Achievement in English and Their Motivation Towards Learning It: Blended Learning, Achievement, and Motivation. International Journal of Virtual and Personal Learning Environments (IJVPLE), 10(2), 83-96. https://dx.doi.org/10.4018/IJVPLE.2020070106
Islam, S., Baharun, H., Muali, C., Ghufron, M. I., el Iq Bali, M., Wijaya, M., & Marzuki, I. (2018). To Boost Students’ Motivation and Achievement Through Blended Learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 012-046 https://doi.org/10.1088/17426596/1114/1/012046
Kaur, M. (2013). Blended Learning-Its Challenges and Future. Procedia-social and Behavioral Sciences, 93(1), 612-617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248
Keshavarz, M. H., & Hulus, A. (2019). The Effect of Students’ Personality and Learning Styles on Their Motivation for Using Blended Learning. Advances in Language and Literary Studies, 10(6), 78-88. http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.10n.6p.78
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif?(Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136-142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029
Lestari, W. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 1-10. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Maarop, A. H., & Embi, M. A. (2016). Implementation of Blended Learning in Higher Learning Institutions: A Review of Literature. ResearchGate, 9 (3), 41.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425-2437.
Purnomo, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-144.
Rahman, N. A., Arifin, N., Manaf, M., Ahmad, M., Zin, N. M., & Jamaludin, M. (2020). Students’ Perception in Blended Learning among Science and Technology Cluster Students. In Journal of Physics: Conference Series, 1496(1), 012-012.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498-3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878
Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective sixth edition. Pearson.
Sihabudin, S. (2018). Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam pada Mahasiswa yang Memiliki Locus of Control Berbeda. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 72-89. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p072
Siyamta, S. (2017). Strategi Blended Learning Flex Model pada Pembelajaran Administrasi Jaringan Komputer untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 122-130. http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p122
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74-79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234-249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Takdir, M. (2017). KEPOMATH GO “Penerapan Konsep Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswaâ€. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1), 1-6. https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4493
Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Widyasari, L. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Apakah Penerapan Blended Learning dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh?. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 854-864. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.453
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51-64. tp://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392
Zuber-Skerritt, O. (2001). Action Learning and Action Research: Paradigm, Praxis and Programs. Effective Change Management through Action Research and Action Learning: Concepts, Perspectives, Processes and Applications, 1(20), 1-27.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.