IMPLEMENTASI APLIKASI PIXTON SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL DALAM BENTUK KOMIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dede Trie Kurniawan PGSD FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Nailah Tresnawati PGSD FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Sri Maryanti Pendidikan Biologi FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2205

Abstract

Komik edukasi dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik, sehingga cocok digunakan untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode perkuliahan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembuatan media komik pembelajaran pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang diarahkan untuk mengembangkan komik pembelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH) berbasis TIK dengan aplikasi PIXTON. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan metode perkuliahan yang dapat memberikan keteramipilan pembuatan bahan ajar digital dalam bentuk komik untuk mahasiswa calon guru sekolah dasar di salah satu perguruan tinggi swasta kota Cirebon. Hasil Penelitian menunjukan mahasiwa calon guru sekolah dasar mampu merancang dan membuat komik dengan aplikasi pixton dalam mengembangkan materi pembelajaran sekolah dasar untuk mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup.

References

Anderson, Lorin W. Et al. 2001.A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, A Revison of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Logman. Inc.

Cary, Stephen. 2004. Going Graphic: Comics at Work in the Multilingual Classroom. Heinemann M.S. Gumelar. 2004. Comic Making. Jakarta: PT Indeks. 145

Hanafin, M.J. & Peck K.L (1988). The Design, Development and evaluation instructional software. New York : Macmillan Publishing Company.

Kurniawan, Dede Trie. (2013) .Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru matematika Melalui Model pembelajaran berbasis masalah (PjBL) pada matakuliah Program Komputer. Jurnal Logika Unswagati Edisi Desember 2013 Vol IX tahun VI.

Kurniawan, Dede Trie. (2016). Profil literasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Mahasiswa Calon Guru Mateamtika di Salah satu Perguruan Tinggi Swasta Kota Cirebon. Proceeding Riksa Bahsa X “Literasi dan Budaya Bangsaâ€. ISBN 978-602-60080-0-8 Program Studi Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia SPs UPI.

Mayer, R. E. & Sims, V. K. (1994) For Whom Is a Picture Worth a Thousand Words? Extensions of a Dual-Coding Theory of Multimedia Learning, Journal of Educational Psychology. 86 (3): 389-401

Maryanti, Sri. 2017. Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Pengembangan Bahan Ajar Digital Oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi. Prosidinng Seminar Nasional Pendidikan IPA IX UNY Karangmalang.

Sadiman, Arief dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Rivai. 2009. Media pengajaran. Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Slavin, Robert E. 1992. Research Metohds In education. New jersey. Prentice Hall International Inc.

The Korea Times, http://www.koreatimes.co.kr/www/news/art/2010/03/135_62659.html.

Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Dokumen Baru). Jakarta: GP Press Group

Published

2019-08-12

Issue

Section

Artikel

Citation Check