Desain Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbasis Penguasaan Konsep Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4811Abstract
Abstrak. Pembelajaran yang terjadi di kelas merupakan kegiatan yang sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan. Guru harus memiliki kemampuan dalam mengemas rancangan pembelajaran yang baik diawali dengan persiapan yang matang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan kreativitas pada pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat merangsang siswa menjadi lebih aktif dan tidak gampang bosan saat pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran adalah komponen-komponen sumber belajar yang mengandung materi-materi instruksional pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Desain dan pengembangan media pembelajaran ini difokuskan pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian desain (Design Research) dengan langkah-langkah, diantaranya: 1) permasalahan; 2) analisis; 3) desain/perancangan; 4) evaluasi/validasi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara sebagai analaisis kebutuhan dan angket untuk validasi media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan ahwa media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga yang dikembangkan sudah menarik dan valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembalajaran di kelas.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Penguasaan Konsep
References
Affandi. (2015). Pegembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran 1(1), 77-79.
Arianti, Shaidu, Harjono & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2(4), 83-84.
Arisanti, Sopanti & Widodo. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar 8(1), 86-87.
Astuti. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif 7(1), 42-43.
Ferryka. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra 29(100), 61-62.
Fatimah, Gunawan & Wahyudi. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 186.
Kurniawan, Tresnawati, & Maryanti. (2018). Peran Matakuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Membekali Kompetensi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 62-63.
Karimah, Supurwoko & Wahyuningsih. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 7-8.
Kusumawati. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 93-131.
Nur, Mulyana & Perdana. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 59-60.
Ninik. (2018). Monitoring Pembelajaran Konsep Learning BY Playing And Playing For Learning Sebagai Peningkatan kualitas Pendidikan di TK. Jurnal PINUS 3(2), 109-119.
Purwono, Yutmini & Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(2), 129-130.
Purwanti. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3(1), 43-44.
Rasyid & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM 7(1), 12-15.
Salam, Safei & Jamilah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya 1(1), 54-55.
Setiawati, Destri & Solihatulmiah. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal PETIK 5(1), 1-10.
Suprapto. (2013). Permainan Monopoli Sebagai Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tata Boga di SMA. Jurnal Ilmiah Guru 1(1), 1-10.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Aflabeta. Bandung.
Tyaningsih, Haryono & Nurhayati. (2012). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Diilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. JPK 1(1), 26-27.
Tafonao. (2018). Peranan Media Pembalajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2), 103.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.