Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD

Authors

  • Novita Nur Aini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Priya Kusuma Bahari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • M. Zainuddin Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Siti Mas'ula Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengimplementasian metode pembelajaran berbasis game pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian dilakukan di SDN Pulorejo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa SD kelas 3 dan guru kelas. Sedangkan objek penelitiannya ialah metode pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru kelas 3, observasi terkait kegiatan pembelajaran materi operasi hitung perkalian pada pembelajaran tematik, dan dokumentasi yang berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan positif dalam penggunaan metode pembelajaran berbasis game pada materi operasi hitung perkalian. Perubahan tersebut ditunjukkan oleh antusiasme siswa saat permaianan berlangsung, meningkatnya minat belajar siswa, dan meningkatnya hasil belajar siswa. Jadi, dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat guna, diharapkan mampu menjadi solusi bagi siswa maupun guru untuk memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajarannya.

Kata Kunci: Metode pembelajaran, matematika, operasi hitung perkalian

References

Benjamin, W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SDN 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang), 1–9. Skripsi Tidak Diterbitkan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 2311–2321. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Halyadi, H., Agustianie, D., Handayani, T., & Windria, H. (2016). Penggunaan Kobesi Dalam Matematika Gasing Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian Siswa Sd. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 81. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2149

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/49219245/37-52-1-PB-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1642251245&Signature=f4Qn1phch0U2jNZMRRDkKVo-r3oco6KJJzMiwAm2Berpikir kritis adalah proses berpikir yang terjadi pada diri seseorang dan dimaksudkan untuk mengambil

Mentari, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bead Berbasis Montessori pada Materi Pokok Perkalian dalam Sub Tema 2 untuk Siswa Kelas II SD dalam Sub Tema 2 untuk Siswa Kelas II SD. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyowati, E. (2014). Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran Perkalian di Kelas II SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87–96.

Tetiwar, J., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 302–308. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p302-308

Published

2022-07-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check