PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.33603/jt.v11i1.6507Keywords:
Bahan Ajar Digital, Teks Deskripsi, Kvisoft FlipbookAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain bahan ajar teks deskripsi digital menggunakan apliksi Kvisoft Flipbook Maker untuk siswa kelas VII SMP, menjelaskan kelayakan bahan ajar teks deskripsi digital menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk siswa kelas VII SMP, dan menjelaskan hasil implementasi bahan ajar teks deskripsi digital menggunakan apliksi Kvisoft Flipbook Maker untuk siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk pengembangan penelitian ini adalah bahan ajar teks deskripsi digital. Penelitian diawali dengan analisis kurikulum atau materi, dan analisis kebutuhan siswa terhadap bahan ajar teks deskripsi digital. Dari penelitian ini, bahan ajar teks deskripsi digital dikembangkan melalui validasi ahli, meliputi ahli bahasa Indonesia dan ahli media digital. Hasil penelitian menunjukan desain bahan ajar teks deskripsi digital menggunakan aplikasi Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker memiliki struktur e-modul yang terdiri dari; 1) Cover e-modul, 2) Kata Pengantar, 3) Daftar Isi dan peta kedudukan, 4) Bab I Pendahuluan (Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar, deskripsi, prasyarat, petunjuk penggunaan e-modul, tujuan akhir, indikator keberhasilan, dan cek kemampuan), 5) Bab II Pembelajaran (kegiatan pembelajaran I dan II), 6) Bab III Penutup (tes formatif dan soal evaluasi), dan 7) Daftar Pustaka. Bahan ajar teks deskripsi menggunakan aplikasi Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dapat dikatakan layak, karena hasil validasi bahan ajar E-Modul tersebut menunjukan validasi ukuran E-Modul untuk materi teks deskripsi memiliki kriteria sangat baik. Hasil implementasi bahan ajar teks deskripsi menggunakan aplikasi Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker menunjukan ada perbedaan rata-rata antara hasil Pre Test dengan Post Test yang artinya terdapat pengaruh implementasi bahan ajar e-modul teks deskripsi menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap hasil belajar siswa.
References
Alperi, M. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal teknodik, 23(2), 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Asmi, A. R., Surbakti, A. N. D., & Hudaidah. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1–10.
Basaroh, A. S., Al Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p30-39
Branch, R. M. (2019). Robert Maribe Branch - Instructional Design (The ADDIE Approach). In Journal of Chemical Information and Modeling.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.
Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Krishnaprabu, S. (2019). The role of digital learning in contemporary education. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 950–952.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenagkan. Diva Press.
Rozak, A., Mascita, D. E., & Jatmiko, T. W. (2020). Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fantasi dalam Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 Karya Various dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Siswa SMP/MTs Kelas VII. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 15. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.3204
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53–55. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Sugiono. (2002). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Tania, L. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).
Zaini, H., Darmawan, D., & Hernawan, H. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas X SMKN 2 Garut). TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 4(1), 816–825.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Tuturan, Sekolah Pascasarjana Pendidikan Bahasa. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Tuturan, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Tuturan are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.